Lima Nama dalam Bursa Capres 2014

Sejumlah nama mulai disebut-sebut akan maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2014. Beberapa nama itu antara lain Ketua DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie dan istri Presiden SBY, Ani Yudhoyono.

Pengamat politik Sukardi Rinakit berpandangan, setidaknya ada lima nama, termasuk dua nama di atas yang dinilainya berpotensi maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2014. Pasar bebas Pilpres 2014 memang membuka peluang bagi siapa saja untuk maju.

“Berdasarkan pengamatan saya dari magnitude dan tone di masyarakat, setidaknya ada lima nama yang masuk tone pertama, yaitu Sri Mulyani, Ical, Ani Yudhoyono, Mahfud MD, dan Prabowo Subiyanto,” kata Sukardi, Sabtu (8/1/2011) di Jakarta.

Namun, menurutnya, Sri Mulyani, meski berpeluang,  harus berjuang untuk mendapatkan dukungan partai politik. Mahfud MD, yang saat ini menjabat Ketua MK, juga harus melakukan hal yang sama. Meski mantan politisi PKB, ia harus kembali meraih dukungan partai jika ingin maju dalam Pilpres 2014. Di luar nama itu, calon lain yang juga dianggap Sukardi berpeluang adalah Anas Urbaningrum dan Djoko Suyanto.

“Tetapi, secara pribadi, saya berharap darah-darah muda akan maju pada tahun 2014. Mungkin dari nama-nama yang ada, Anas dan Puan bisa jadi calon muda yang akan diajukan,” kata Sukardi.

 

kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: