Puan Disiapkan Jadi Pengganti Mega?

Wacana calon presiden muda yang dikemukakan politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Taufiq Kiemas, kemarin, terus bergulir. Taufiq mengatakan, Megawati Soekarnoputri mungkin tak akan maju dalam pencalonan presiden pada pemilihan tahun 2014 mendatang.

Siapa calon yang disiapkan, Taufiq belum mau menjawabnya. Meski pemilihan masih jauh, Taufiq berpandangan, pihaknya harus mempersiapkan dengan matang siapa dan dengan siapa akan berkoalisi. Sekretaris Fraksi PDI-P Bambang Wuryanto mengatakan, putri Mega, Puan Maharani, sangat mungkin disiapkan sebagai penerus Mega.

“Melihat trennya, sangat mungkin (Puan). Beliau adalah salah satu fungsionaris DPP, pimpinan fraksi, peraih suara terbanyak saat pileg (pemilihan legislatif), dan paling sering melaksanakan tugas partai ke daerah,” kata Bambang, Rabu (5/1/2011).

Kemungkin bahwa Mega tak akan mencalonkan diri, seperti dikatakan Taufiq Kiemas, karena faktor usia yang sudah mencapai 67 tahun. Tahun 2014 mendatang dinilainya menjadi “tahun” para kader muda yang berada di range usia 40-50 tahun.

Mantan Sekretaris Jenderal PDI-P Pramono Anung berpendapat sebaliknya. Menurut dia, terlalu “pagi” membicarakan siapa calon presiden yang akan diajukan.

 

kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: