JK Belum Dicalonkan Demokrat

Ketua DPP Partai Golkar, Hajriyanto Y Thohari mengatakan, sampai saat ini Jusuf Kalla belum dipinang oleh partai politik lain untuk maju menjadi calon presiden 2014.

“JK belum. Kan itu baru merupakan statement pribadi dan rasanya tidak pas menanggapi pendapat pribadi anggota atau pengurus partai politik,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 7 Mei 2012.

Hingga saat ini, kata Thohari yang juga menjabat Wakil Ketua MPR, Partai Golkar sendiri belum memiliki aturan baku mengenai kader partai yang dicalonkan oleh partai lain untuk maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

“Baik peraturan tertulis di AD/ART maupun di peraturan organisasi itu memang belum ada. Karena belum ada maka tidak bisa dikatakan dibolehkan atau dilarang, tinggal peraturannya nanti seperti apa yang disepakati,” kata dia.

Oleh karena itu, ia berpendapat dalam Rapat Pimpinan Nasional nanti akan membahas dan mengagendakan persoalan-persoalan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar Partai Golkar memiliki peraturan yang sistemik mengenai kejadian apabila ada kader Golkar yang diusung partai politik lain.

“Dengan adanya sistem yang mengatur itu, maka langkah-langkah yang nanti ditempuh oleh organisasi, itu betul-betul langkah-langkah yang by sistem. Sesuai dengan peraturan. Bukan langkah-langkah yang didasarkan perasaan suka atau tidak suka,” tuturnya.

Karena belum adanya peraturan secara legal formal, maka ada beberapa interpretasi jika ada kader Partai Golkar yang dicalonkan oleh partai politik lain.

“Itulah mungkin yang menurut saya membuat suasana seperti berubah-ubah, tetapi yang sebetulnya terjadi adalah memang belum ada aturannya, dan perlu dibuat aturan itu,” katanya.

Mengenai pernyataan Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie yang mengatakan bahwa dirinya adalah kandidat tunggal calon presiden dari Partai Golkar, Hajriyanto menilai itu adalah pernyataan spontan.

“Ya mungkin karena dia merespon pertanyaan teman-teman wartawan, kan biasanya bersifat spontan,” ucapnya.

Nama JK mengemuka sebagai capres Demokrat belakangan ini. Beberapa fungsionaris Demokrat sendiri menyatakan sangat bergembira dan akan dengan tangan terbuka menerima mantan wakil presiden itu.

Hal itu dikatakan Ketua DPP Partai Demokrat, Gde Pasek Suardika, Jumat 4 Mei 2012. “Kalau memang benar begitu, kami senang tokoh sebesar JK bergandeng tangan membangun Demokrat. Kalau Beliau mau masuk Demokrat, tentu kami semua sangat senang dan menyambut gembira,” ujar Gde Pasek.

(vivanews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: