Partai NasDem Siapkan Konvensi Nasional Menuju Pemilu 2014

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan menggelar konvensi nasional pasca verifikasi parpol peserta Pemilu 2014 tuntas. Internal Partai NasDem pun mulai dinamis.

Rumor reorganisasi Partai NasDem mencuat seiring dipersiapkannya pesta demokrasi pertama Partai NasDem ini. Sejumlah kalangan internal menyebut konvensi ini juga akan mengungkap siapa kandidat capres dan cawapres yang akan didorong NasDem di Pemilu 2014.

Isu ini semakin mengemuka lantaran istilah konvensi sebenarnya sudah pernah dipakai Partai Golkar. Golkar memakai istilah konvensi untuk menentukan kandidat ketua umum dan kandidat capresnya saat periode kepemimpinan Akbar Tandjung. Wajar saja NasDem menggunakan istilah yang sama, lantaran mayoritas pengurus NasDem disebut-sebut adalah eks tokoh Golkar.

“NasDem akan menggelar konvensi setelah verifikasi partai selesai. Jadi setelah semua tahapan selesai, kita konsolidasi dan evaluasi total,” kata Ketua Bapilu Partai NasDem Ferry Mursyidan Baldan, kepada detikcom, Jumat (2/11/2012).

Rumor pergantian jajaran pengurus NasDem mengemuka. Sejumlah sumber mengatakan Surya Paloh akan mengambil alih tampuk kepemimpinan tertinggi sebagai Ketua Umum Partai NasDem, menyusul Harry Tanoesoedibjo yang telah lebih dulu menjadi Ketua Dewan Pakar Partai NasDem. Saat ini Ketua Umum Partai NasDem dijabat oleh Patrice Rio Capella. Surya Paloh saat ini menjabat Ketua Majelis Nasional Partai Nasdem.

Ferry tak membantah dinamika internal Partai NasDem tersebut. Namun sejumlah suara DPD Partai NasDem, menurut Ferry, belum menjadi keputusan partainya. Semuanya sangat bergantung pada konvensi awal tahun 2013 nanti.

“Pada dasarnya yang akan dilakukan oleh Partai NasDem adalah tahapan lebih lanjut dalam serangkaian strategi membangun partai. Pada tahap pertama, kesiapan menghadapi verifikasi badan hukum, tahap kedua aadalah kesiapan verifikasi untuk jadi peserta pemilu, tahap ketiga adalah kesiapan menghadapi Pemilu 2014,” katanya.

Sampai saat ini Ferry menuturkan belum ada rencana reorganisasi kepengurusan NasDem di tingkat DPP. Dia juga mengaku belum tahu kepastian Surya Paloh yang juga pendiri NasDem akan mengambil alih pucuk pimpinan parpol yang perlahan merangkak naik ini.

“Tidak ada pergantian posisi. Kita di NasDem mengedepankan kolektif kolegial.Jadi tidak ada ketua umum berkuasa penuh. Kita sama-sama membangun partai,” tegas Ferry.

“Dalam kaitan itu, maka soliditas, keutuhan dan tingginya motivasi menjadi kebutuhan kolektif. Untuk itulah, maka pada saatnya nanti partai akan menggelar konvensi Partai NasDem untuk Pemilu 2014,” tandasnya.

 

(detiknews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: